Nanofluida / Nanofluids

       Nanofluida adalah suatu fluida yang didalamnya didispersikan suatu partikel berukuran lebih kecil dari 100 nanometer. Nanofluida termasuk kedalam jenis baru material komposit
yang dikembangkan sekitar satu dekade yang lalu dengan tujuan khusus untuk meningkatkan konduktifitas termal.


 Beberapa keuntungan dari pengunaan nanofluida antara lain :

1.      Meningkatkan stabilitas dan transfer panas, karena perpindahan panas terjadi di permukaan partikel, maka untuk perpindahan panas sangat diinginkan partikel yang memiliki luas permukaan besar. Karena ukurannya yang sangat kecil maka stabilitas dalam perpindahan kalor akan semakin tinggi karena gaya gravitasi yang bekerja pada partikel akan semakin kecil.

2.      Membuat sistem lebih kecil, hal ini dapet dilakukan karena potensi konduktifitas panas yang sangat tinggi akan membuat ukuran peralatan penukar kalor menjadi lebih kecil sehingga dapat menghemat biaya investasi.

3.      Menghemat biaya dan energi. Dengan menggunakan nanofluida maka ukuran dari alat penukar kalor beserta peralatan pendukungnya menjadi semakin kecil. Selain itu stabilitas nanofluida akan mencegah terjadinya penyumbatan pada dinding alat penukar kalor sehingga efisiensi perpindahan kalornya akan lebih tinggi. Efisiensi perpindahan kalor yang tinggi ini akan mengurangi konsumsi energi akibat transfer fluida. Dengan semakin kecilnya fluida yang ditransfer akan membuat misalnya pada kendaraan bermotor akan mengurangi bobot kendaraan yang berarti penggunaan bahan bakar akan semakin kecil dan dapat mengurangi emisi gas buang kendaraan dan membuat lingungan lebih bersih.

Comments